gravatar

PENGARUH METODE PENGAJARAN GURU TERHADAP PRESTASI ANAK DI MI. AL – KHOIRIYAH BICAK KECAMATAN TROWULAN KABUPATEN MOJOKERTO

TUGAS BAHASA INDONESIA
NAMA            :
 MOCHAMAD ISMAIL                 NIM: 20112403894
EFENDI                                           NIM : 20112403891
ALFIYATUS SA’DIYAH             NIM: 20112403887
RIRIN NUR HIDAYATI                NIM: 20112403888
DEFITA FATMAWATI                  NIM: 20112403895

FAKULTAS   :  STIT “RADEN WIJAYA” MOJOKERTO
JURUSAN      :  PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
JUDUL           : PENGARUH METODE PENGAJARAN GURU TERHADAP PRESTASI ANAK DI MI.AL – KHOIRIYAH BICAK KECAMATAN TROWULAN KABUPATEN MOJOKERTO



PENGARUHMETODE PENGAJARAN GURU TERHADAPPRESTASI ANAK
DIMI. AL – KHOIRIYAHBICAK
 KECAMATAN TROWULAN KABUPATEN MOJOKERTO

A.   Latar BelakangMasalah
Manusia sebagaimahluk  ciptaan Allah SWT dibekali dengannaluri menjadi pendidik kodrati dalam bentuk dorongan untuk melindungi,memelihara, dan mendidik anak-anaknya. Mendidik merupakan kegiatan yangmenyentuh sikap mental dan kepribadian anak didik, sedang kegiatan mengajar danlatihan sebagai salah satu bentuknya. Lebih erat hubungannya dengan aspekintelektual dan keterampilan. Akan tetapi harus di akui bahwa mengajar yangbaik pada dasarnya berarti juga sebagai kegiatan mendidik.
Mengajar tidaksekedar menyentuh aspek koknitif kususnya intelektualitas anak didik. Disampingitu dapat pula disentuh aspek-aspek kepribadian lainya. Mengajar lebih banyakdihubungkan dengan kegiatan guru (ustad) di lingkungan lembaga pendidikanformal, sedang pendidikan lebih dititik beratkan pada kegiatan orang tuaatauorang dewasa lainya.
Pengajaran agamaislam lebih berorientasi pada kegiatan klasikal, berupa interaksi belajarmengajar yang berlangsung antara seorang guru(ustad) dengan sejumlahmurid(santri) di dalam kelas. Untuk mewujudkan interaksi itu agar efektifdiperlukan metode mengajar. Akan memungkinkan murid(santri) mencerna bahanpelajaran yang disebut kegiatan belajar.
Selanjutnya biladi hubungkan dengan prestasi anak didik saat ini metode pengajaran sangatpenting sekali untuk kemajuan sekolah kususnya juga kemajuan anak didik untukmasa kedepanya. Sangat dibutuhkan guru – guru yang terampil dan bijak sehinggabisa menciptakan interaksi yang baik dengan metode pengajarannya.
Di sebuah sekolah MI. Al – KhoiriyahBicak Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto, interaksi antara muriddengan guru kurang terjalin dengan baik. Ada banyak metode yang bias digunakanagar tejalin interaksi yang baik di sekolah tersebut. Untuk itu kami akanmenjabarkan beberapa metode mengajar dan meneliti metode mengajar di MI AL –KHOIRIYAH yang diterapkan saat ini.

B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latarbelakang yang telah diuraikan, masalah yang terkaitdengan penelitihan ini adalah :
1.    Apa saja metodemengajad di dalam kelas
2.    Metode apa yangditerapkan saat mengajar di MI. Al – Khoiriyah Bicak KecamatanTrowulan Kabupaten Mojokerto?
3.    Dari semuametode mengajar, metode mana yang sesuai dengan kegiatan mengajar di MI.Al – Khoiriyah Bicak Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto?

C.    Tujuan Penulisan
1.   Untukmemahami pengertian beberapa metode pengajaran.
2.   Inginmengetahui bagaimana metode pengajaran guru dalam mengelola kelas di MI.Al – Khoiriyah Bicak Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto
3.   Inginmengetahui bagaimana hasil belajar siswa di MI. Al – KhoiriyahBicak Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto.
4.   Inginmengetahui bagaimana pengaruh metode pengajaran guru dalam mengelola kelas terhadap hasilbelajar siswa MI. Al – Khoiriyah Bicak Kecamatan TrowulanKabupaten Mojokerto

D.    Metode Pembahasan
Metode pembahasan merupakan pendekatan untukmemecahkan masalah yang ada kaitannya dengan obyek penelitian. Artinya dalammengupas masalah yang diteliti, digunakan metode tertentu sehingga didapatpemahaman dari permasalahan tersebut.
Adapun metode pembahasan yang digunakan dalamanalisa skripsi ini adalah sebagai berikut :
1.   Metode Deduksi
pembahasan ini adalah untuk mengantisipasi data-data yang sifatnyateoritis dan data yang sifatnya umum, maka akan dikeluarkankesimpulan-kesimpulan yang bersifat khusus.
2.   Metode induksi
pembahasan ini dikumpulkan data-data yang ada hubungannya denganmasalah yang dibahas, kemudian disimpulkan secara umum.
3.   Komparatif
Metode komparatif adalah suatu pembahasan dengan mengadakanperbandingan antara pengetahuan yang satu dengan yang lainnya lalu diambilsuatu pengertian yang baru.




E.   Outlinepenelitihan
BAB I. Pendahuluan
A.   LatarBelakang
B.    IdentifikasiMasalah
C.    RumusanMasalah
D.   TujuanPenelitihan
E.    KegunaanPenelitihan
F.     Sistematikapenelitihan
BAB II. Landasan Teori
A.   MetodePengajaran
1.     Pengertianmetode pengajaran
2.     Macam– macam metode pengajaran
B.    Prestasi
1.     PengertianPrestasi
2.     FactorYang Mempengaruhi
3.     Caramengukur Prestasi
C.    HubunganMetode Pengajaran Dengan Prestasi
BAB III. Metode Penelitihan
A.   ObyekPenelitihan
B.    Populasi
C.    CaraPengumpulan Data
D.   CaraPengolahan Data
E.    CaraAnalisis Data
BAB IV. Hasil Penelitihan
BAB V. Penutup
A.   Kesimpulan
B.    Saran




Daftar Pustaka
Prof. DR.H. Hadari Nawawi; pendidikan dalam islam, Surabaya,1993

Artikel Terkait by Categories



Widget by Uda3's Blog
Bagikan

Sorotan